enjoy every cadence, every breath…

Quintessence

Semalam nyetir 1,5 jam (dalam hujan dan kantuk) langsung berangkat sepulang kerja dari cikarang mendarat di pasteur>>balubur>>ganesha. Demi nonton sebuah grup belanda yang di-lead seorang pemain hammond organ. Penasaran banget sama suara alat ini soalnya. Majestic gitu…

3

Malam itu saya dapat contoh nyata apa itu arti ‘tone’

Yang sangat menonjol adalah tentu pemain tiupnya. Mungkin bukan karena hebat apa gimana, cuma karena saya pemain alat tiup juga jadinya bisa lebih detil meratiin. Itu sound trombon-nya keren banget. Bersih, clear, pitch perfect. Waduh.. kedengaran banget hasil tempaan dasar yang sangat kuat. Udah gitu speed-nya juga keren. Main trombon slide tapi memainkan komposisi2 bop dengan loancar. INI BARU SUARA TROMBON…

Pemain trumpet/flugelhornya juga huebat. Paling aku kagum gimana dia bisa kendalikan volume dan penggunaan mic-sound dengan enak banget. Tidak berlebihan, tanpa perlu membuat kita pekak telinga. Dia padahal bisa main tajam dan tinggi di bbrp komposisi yg groove ke-latin2-an tapi he just do it properly… just right. Soalnya seperti kita tau kan? Istilah “trumpet with attitude” ?🙂 Pemain trumpetnya juga bisa nampilkan dg perfect perbedaan tone dari flugel dan trumpet. Dia pindah alat kayak ganti kostum. Sound flugelnya keren banget

Paling kagum sama pemain ritem-nya, especially drum dan organ-nya. Mereka kok ya bisa ngepas gitu lho menjaga balansing suara grup secara keseluruhan. Kita gak pernah tuh dengar ada yg berusaha menonjolkan diri kesana kesini sehingga suara tim jadi ‘jomplang’. Karena ritem kuat menjaga flow dan semangat interpretasi grup, jadinya grup ini menyampaikan pesan2 dan cerita2 mereka dengan clear sekali. Kita nangkep apa yg mereka mau…

Padahal, terutama pemain drum-nya dlm beberapa kesempatan solo menunjukkan kalau dia bisa bermain kompleks sekali, flashy cool drum acrobats, juga bisa ‘exchange beats dan rhytmic’ waduh mampus deh dengernya kalo udah yg ini. Kaya denger musik progressive aja.

What a Worth 1,5 hour drive!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s